Tema : Pemanfaatan IPTEK dan lingkungan dalam pembelajaran Fisika
SEBERAPA
PENTINGKAH IPTEK UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA?
Fisika merupakan salah
satu cabang dari Sains yang mempelajari mengenai gejala alam. Pembelajaran
fisika adalah suatu proses untuk membangun pengetahuan dalam mempelajari
berbagai fenomena fisika dialam semesta. Untuk saat ini minat peserta didik
dalam pembelajaran fisika itu sendiri sangat sedikit, karena peserta didik
menganggap bahwa fisika adalah materi yang selalu menghafalkan rumus yang
begitu banyak. Kebanyakan guru hanya menggunakan metode ceremah ketika proses
pembelajaran. Hal itu menimbulkan proses kegiatan pembelajaran fisika menjadi
bosan, sehingga cenderung tidak memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru. Padahal
jika kita memahami konsep dari materi tersebut itu akan menjadi lebih mudah
untuk peserta didik.
Untuk mengatasi hal ini
banyak sekali cara yang dapat digunakan oleh guru, yaitu dengan memanfaatkan adanya
perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang diterapkan pada proses
kegiatan pembelajaran fisika, dengan menggunakan IPTEK banyak sekali manfaat
yang didapat contohnya dapat menambah informasi dengan mudah, meningkatkan
kemampuan belajar, memudahkan akses belajar, materi lebih menarik, meningkatkan
minat belajar peserta didik, mengurangi tingkat kebosanan peserta didik dalam
proses kegiatan pembelajaran fisika. Guru dapat menggunakan media berupa smartphone,
laptop, proyektor, komputer dan lainnya, atau bahkan membuat media pembelajaran
misalnya berupa, audio, video, animasi, game, e-modul, e-book dan lainnya
sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Media-media tersebut tentunya sangat
memudahkan peserta didik dalam memahami materi, peserta didik dapat mempelajari
materi dimana saja dan kapan saja, serta peserta didik dapat mempelajari lagi
sesuai dengan keinginann mereka. Tidak hanya pentingnya IPTEK tetapi perlunya
lingkungan pembelajaran fisika salah satunya yaitu dengan mengganti suasana
belajar misal di luar ruangan, dengan memperhatikan lingkungan sekitar, hal
seperti itu dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran.
Maka
dari itu sangat penting sekali memanfaatkan IPTEK dan lingkungan dalam
pembelajaran fisika, peserta didik dapat mempelajari secara mandiri, proses
kegiatan pembelajaran berubah yang awalnya hanya berpusat pada guru menjadi
berpusat pada peserta didik, selain itu peserta didik menjadi lebih aktif dan
kreatif mencari sumber belajarnya secara mandiri. Karena adanya kemudahan
tersebut sebagai seorang guru kita harus terus mengawasi dan membimbing peserta
didik agar tidak salah dalam memilih sumber materi karena dengan kemudahan
tersebut semakin banyak juga sumber-sumber yang kurang kredibel jadi guru wajib
mengawasi peserta didiknya supaya tidak menimbulkan miskonsepsi.
REFERENCE
Luthvitasari,
N,dkk. 2012. Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek
Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Dan Kemahiran Generik
Sains. Journal of Innovative Science
Education, 1(2), 92ˉ 97.
Mulyaningsih,
N, & Saraswati, D.2017. Penerapan
Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, V(1), 25ˉ 32.
Yusuf,
I, dkk.2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern
Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21
Dan Kurikulum 2013. Jurnal INEJ,
4(2),189ˉ 200
Comments
Post a Comment