Pentingnya IPTEK untuk Pembelajaran Fisika

 Tema : Pemanfaatan IPTEK dan lingkungan dalam pembelajaran Fisika

SEBERAPA PENTINGKAH IPTEK UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA?

Fisika merupakan salah satu cabang dari Sains yang mempelajari mengenai gejala alam. Pembelajaran fisika adalah suatu proses untuk membangun pengetahuan dalam mempelajari berbagai fenomena fisika dialam semesta. Untuk saat ini minat peserta didik dalam pembelajaran fisika itu sendiri sangat sedikit, karena peserta didik menganggap bahwa fisika adalah materi yang selalu menghafalkan rumus yang begitu banyak. Kebanyakan guru hanya menggunakan metode ceremah ketika proses pembelajaran. Hal itu menimbulkan proses kegiatan pembelajaran fisika menjadi bosan, sehingga cenderung tidak memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru. Padahal jika kita memahami konsep dari materi tersebut itu akan menjadi lebih mudah untuk peserta didik.

Untuk mengatasi hal ini banyak sekali cara yang dapat digunakan oleh guru, yaitu dengan memanfaatkan adanya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang diterapkan pada proses kegiatan pembelajaran fisika, dengan menggunakan IPTEK banyak sekali manfaat yang didapat contohnya dapat menambah informasi dengan mudah, meningkatkan kemampuan belajar, memudahkan akses belajar, materi lebih menarik, meningkatkan minat belajar peserta didik, mengurangi tingkat kebosanan peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran fisika. Guru dapat menggunakan media berupa smartphone, laptop, proyektor, komputer dan lainnya, atau bahkan membuat media pembelajaran misalnya berupa, audio, video, animasi, game, e-modul, e-book dan lainnya sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Media-media tersebut tentunya sangat memudahkan peserta didik dalam memahami materi, peserta didik dapat mempelajari materi dimana saja dan kapan saja, serta peserta didik dapat mempelajari lagi sesuai dengan keinginann mereka. Tidak hanya pentingnya IPTEK tetapi perlunya lingkungan pembelajaran fisika salah satunya yaitu dengan mengganti suasana belajar misal di luar ruangan, dengan memperhatikan lingkungan sekitar, hal seperti itu dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran.

Maka dari itu sangat penting sekali memanfaatkan IPTEK dan lingkungan dalam pembelajaran fisika, peserta didik dapat mempelajari secara mandiri, proses kegiatan pembelajaran berubah yang awalnya hanya berpusat pada guru menjadi berpusat pada peserta didik, selain itu peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif mencari sumber belajarnya secara mandiri. Karena adanya kemudahan tersebut sebagai seorang guru kita harus terus mengawasi dan membimbing peserta didik agar tidak salah dalam memilih sumber materi karena dengan kemudahan tersebut semakin banyak juga sumber-sumber yang kurang kredibel jadi guru wajib mengawasi peserta didiknya supaya tidak menimbulkan miskonsepsi.

REFERENCE

Luthvitasari, N,dkk. 2012.  Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Dan Kemahiran Generik Sains. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 92ˉ 97.

Mulyaningsih, N, & Saraswati, D.2017.   Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, V(1), 25ˉ 32.

Yusuf, I, dkk.2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 Dan Kurikulum 2013. Jurnal INEJ, 4(2),189ˉ 200

Comments