Essay Pembelajaran Inovatif

Tema : Perkembangan Inovasi Pembelajaran Dalam Pembelajaran Fisika: Eksplorasi Artikel Internasional Tentang  Pembelajaran Fisika Inovatif Berdasarkan Karakteristik Materi Dan Siswa

Bagaimana Pembelajaran Fisika yang Inovatif?

Fisika adalah suatu pembelajaran ilmu sains atau alam yang mempelajari materi dan perilakunya dalam ruang dan waktu, bersamaan konsep yang berhubungan dengan energi dan gaya. Sebagian peserta didik menganggap fisika adalah materi yang sulit, selalu berhubungan dengan rumus, peserta didik yang menganggap fisika adalah materi yang sulit, hal itu karena guru yang mengajarkan fisika selalu menggunakan model pembelajaran fisika yang sama setiap kali mengajar fisika, seperti hanya menggunakan metode ceramah ketika kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik tidak ikut andil dalam pembelajaran, peserta didik hanya duduk dan mendengarkan guru berceramah dan hal ini menimbulkan kejenuhan terhadap peserta didik, tidak sedikit guru yang malas dalam mencari model yang sesuai untuk peserta didik ketika proses pembelajaran, sehingga menimbulkan sedikit sekali minat peserta didik terhadap pembelajaran fisika. Bagaiamana mengatasi hal tersebut?

Minat peserta didik dalam pembelajaran fisika itu dapat ditingkatkan dengan menggunakan suatu pembelajaran inovatif pada kegiatan pembelajarannya. Banyak sekali cara yang dapat digunakan oleh pendidik, seperti penggunaan model, metode, dan pendekatan. Contoh dari model pembelajaran seperti direct instruction, cooperative Learning, Contextual Teaching and Learning, Discovery Learning, Problem Base Learning dan masih banyak lagi. Untuk metode dalam pembelajaran contohnya seperti ceramah, diskusi, demonstrasi, ceramah, resitasi, percobaa, karyawisata dan lainnya. Dan untuk pendekatan dalam pembelajaran fisika seperti pendekatan konstekstual/Contextual Teaching and Learning (CTL), Pendekatan Konstruktivisme, pendekatan deduktif, pendekatan induktif, pendekatan konsep, pendekatan proses, pendekatan sains, teknologi dan masyarakat. Hal yang sudah disebutkan diatas merupakan beberapa contoh dari model, metode dan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan pendidik dalam pembelajaran fisika. Guru dapat mengkombinasikan model, metode dan pendekatan serta media yang digunakan seperti menampilkan berupa video tentang suatu kejadian dalam pembelajaran. contoh ketika kegiatan pembelajaran menggunakan model PBL, metode yang digunakan ceramah, diskusi, penampilan video demostrasi. Karena sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa penggunakan model yang sesuai lebih efektif dan tidak membosankan bagi peserta didi sehingga dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran fisika.

Sumber :

Kristanti, D,Y. Subiki. & Handayani. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(2),122ˉ 128.

Sudharta, A. M.Pd. 2015. Media Pembelajaran. (Online). (https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net). Diakses 21 Februari 2021

Comments